Indonesian chocolate memiliki rasa yang berbeda

Haiii pecinta Chocolate, pasti sudah tidak asing sama beberapa cokelat di Indonesia. Ternyata Indonesia menyabet enam penghargaan bergengsi dalam ajang prestisius Academy of Chocolate 2017 Awards yang berlangsung di Inggris. Untuk kategori pengemasan, Krakakoa Limited Edition Single Origin Gift set telah meraih Silver Award. Untuk kategori Tree to Bar, Krakakoa 75% Single Origin Saludengen dan Krakakoa 70% Single Origin Sedayu telah berhasil meraih Silver dan Bronze Award masing-masing. Baik Krakakoa Dark Milk Chocolate Ginger dan Krakakoa Dark Milk Chocolate Creamy Coffee mengantongi Bronze Award dalam kategori Flavored Milk Chocolate Bar. Untuk Dark Chocolate Bar Beraroma, Krakakoa Dark Chocolate Sea Salt & Pepper meraih Bronze Award.    

The Academy of Chocolate adalah panel independen dari para profesional cokelat terkemuka di Inggris yang didirikan pada tahun 2005. Misi mereka adalah untuk meningkatkan standar dan pengetahuan tentang cokelat dengan mempromosikan kesadaran akan perbedaan antara cokelat halus dan coklat yang diproduksi secara massal. Akademi ini telah mengadakan pertemuan setiap tahun sejak tahun 2008 untuk memberikan medali emas, perak, dan perunggu kepada produsen cokelat dalam berbagai kategori, termasuk Bar cokelat, Spreads, Minum Cokelat, Kemasan, dan banyak lagi.

Krakakoa menggunakan 100% biji cokelat Indonesia untuk produk-produknya. Krakakoa merupakan brand cokelat di Lampung, Sumatera Selatan. Cokelat di Indonesia semakin dapat menyakinkan masyarakat atas kualitas cokelat yang dihasilkan. Ditahun 1883 wilayah Indonesia menjadi sangat terkenal lantaran letusan Gunung Krakatau atau Krakatoa. Nama Krakakoa terinspirasi oleh letusan Gunung Krakatau di perairan selat sunda.

“Seorang petani kakao, dia mengambil daun yang tumbuh dari salah satu pohon kakaonya yang tumbuh dari salah satu pohon kakaonya yang tumbuh di lereng yang landai di perkebunannya yang terletak di desa Tanjung Rejo. Dia telah menanam cokelat selama 20 tahun terakhir. Sebagai petani kakao di Indonesia, ia berkontribusi terhadap beberapa produksi biji kakao 400.000 ton, menjadikan produsen ketiga terbesar di dunia.”

Disini langkah krakakoa sebagai perusahaan cokelat yang berkonsep “farmer-to-bar” yang didirikan dengan misi untuk meningkatkan mata pencaharian petani kakao Indonesia. Bekerjasama dengan SwissContact, krakakoa telah memberikan pelatihan kepada sekitar 1000 petani. Petani dilatih dengan tekhnik pertanisn organik, manajemen penyakit, fermentasi, dan konservasi. Petani juga dilengkapi dengan alat yang mereka butuhkan. Pilihan biji feentasi berkualitas tinggi yang dibeli langsung dari petani dengan harga tetap Rp. 60.000 / kg, memberikan jaminan harga ke petani dan insetif yang meningkat secara aktif sehingga meningkatkan kualitas biji kakao daj mencegah perambahan ilegal ke dalam taman nasional.



Sedikit cerita tentang krakakoa, disini saya mau ngereview 2 produk dari krakakoa yaitu Cacao nibs 70% dark chocolate dan coconut & cashew dengan harga Rp. 60.000 yang bisa dibeli di https://www.krakakoa.com/shop/ banyak banget produk-produk lainya krakakoa yang bisa kalian lihat disitu.



Cacao nibs 70% dark chocolate dari krakakoa memberikan pilihan baru untuk para pencinta coklat. Produk yang berbentuk butiran coklat ini cocok sebagai pengganti choco chips taburan pada roti dan kue atau sebagai cemilan sehat. Ada aroma buah jeruk semakin unik aromanya dari produk ini dan juga agak pahit. Produk ini aman kok dikonsumsi karena dibuat bebas pengawet, perasa dab pewarna artifisial. Cocok banget buat cemal cemil sehat niih. Tapi anak-anak engga begitu doyan niiih mungkin terbiasa dengan cokelat yang manis. 



Cacao nibs coconut & cashew mempunyai rasa chunky clusters cacao nibs dengan caramel asin, keripik kelapa panggang, dan mente Bali, untuk saat-saat ketika kalian membutuhkan manis dan asin bersamaan. Ini tetep cocok buat cemilan sehat dan yang ini anak-anak lebih suka buat dijadiin cemilan, ngemil sehat bareng anak-anak jadi seru dan nemenin saya bikin draft blog juga tentunya.



Kalau saya disuruh pilih antara cacao nibs 70% dark chocolate dan cacao nibs coconut & cashew saya lebih suka yang coconut & cashew, soalna bisa saya buat cemilan juga dan saya campur dengan buah dan yogurt.
Website : https://www.krakakoa.com
Instagram : https://www.instagram.com/krakakoa/





Komentar