Sampah, bagaimana cara mengatasi secara baik dan benar

Sampah, bagaimana cara mengatasi secara baik dan benar

Jumat, 26 Oktober 2018 pagi hari saya sudah sampai di Hotel Horison Ultima Bekasi, menghadiri acara Advokasi Peran Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Melalui Pelatihan Daur Ulang Sampah Di Kota Bekasi. Bersama bapak – bapak dan ibu – ibu selaku dari bank sampah, Dinas Perempuan Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup dan para blogger bisa saling tukar menukar informasi. Kota Bekasi sudah 2 kali mengadakan kegiatan ini, di tahun ini mengadakan sosialisasi lagi.

Dalam rangka memfasilitasi peningkatan kapasitas pemerintahan dan kelompok Bank Sampah dalam mengelola Bank Sampah menjadi kualitas produk yang dapat dihasilkan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bermaksud melaksanakan kegiatan advokasi peran masyarakat melalui pengelolaan sampah di daerah terpilih melalui sharing pengetahuan dan pengalaman kepada kelompok-kelompok Bank Sampah. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada bapak, ibu para pelaku Bank Sampah dalam upaya penibgkatkan pemahaman dan kapasitas para pelaku bank sampah dalam pemanfaafan Teknologi Informasi Komunikasi dalan menunjang pengelolaan dari kualitas produk dari bank sampah di Kota Bekasi.
Bapak Sekretaris BP 3A Jaya Eko Sentiawan.SH

Bapak Sekretaris BP3A Jaya Eko Setiawan.SH Menjelaskan yang mengeksplor tentang hal-hal ada dilingkungan masyarakat. Kota Bekasi mempunyai misi cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan ihsan. Misi ada 5 dengan 45 program prioritas itu adalah program kerja walikota di tahun 2018 – 2023. Bekasi luas wilayah 21049 km² dengan jumlah penduduk 2.334.871 orang kepadatan kota bekasi hampir sama dengan DKI Jakarta.

Bank sampah itu apa siih!! Pengertian Bank Sampah sebuah upaya gerakan masyarakat untuk memberikan pembelajaran kepada warga masyarakat dalam mengurangi volume sampah dari sumbernya melalui upaya memilah dan memanfaatkan kembali sampah yang masih memiliki nilai ekonomi. Kepengurusan bank sampah akan menjadi lokomotif dalam memberikan edukasi dan berperan penting dalam menggerakan warga/anggota/nasabah untuk turut aktif dalam program Bank Sampah. 

Pengkumpulan sampah kering dan dipilih memiliki layaknya perbankan tetapi yang ditabung bukanya uang tapi sampah. Warga yang menabung disebut juga nasabah memiliki buku tabungan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan seharga yang dipinjamnya. Bank Sampah di Kota Bekasi yang aktif saat ini berjumlah 215 yang ada di 12 kecamatan yang sudah terbentuk Bank Sampah hidup patriot Kota Bekasi.

Peraturan Presiden no. 2 tahun 2015 tentang RPJMN, tahun 2015-2016 pemerintah telah memadatkan 3 strategi pengarustamaan di dalam pembangunan nasional dimana salah satunya adalah pengarustamaan Gender yang bertujuan mewujudkan pembangunan yang berkeadilan yang bagi seluruh rakyat Indonesia baik perempuan, laki-laki, anak, penyandang disabilitas dan keluarga rentan lainnya sesuai kondisi kebutuhannya.

Di dalam pembangunan nasional terkait dalam pengelolaan lingkungan hidup dengan melakukan 5 R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, Replant)

Reduce
Mengurangi pemakaian suatu barang atau pola perilaku manusia yang dapat mengurangi produksi sampah. Contohnya adalah mengurangi penggunaan barang – barang yang tidak bisa di daur ulang, seperti :

  • Mengurangi penggunaan kantong plastik pada setiap belanjaan barang
  • Menghindari penggunaan air mineral sekali pakai


Reuse
Kegiatan menggunakan kembali material / bahan yang masih layak pakai untuk dapat dimanfaatkan kembali. Contonya menggunakan kaleng bekas untuk tempat pensil.

Recycle
Kegiatan mengolah kembali (mendaur ulang). Kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut dan bahkan bernilai ekonomi. Contohnya adalah memanfaatkan  dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos, memanfaatkan memanfaatkan barang bekas untuk dibuat kerajinan, memanfaatkan kantong kresek plastik untuk membuat bungan ataupun tas.

Replace
Kegiatan untuk mengganti pemakaiaan suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah. 

Replant
Kegiatan penanaman kembali, sering juga disebut reboisasi. Contohnya adalah melakukan kegiatan reboisasi hutan mangrove dan tanaman produktif untuk mengurangi global warning 

Komponen Bank Sampah 3P yaitu :
Penabung : masyarakat penghasil sampah 
Pengelolaan : direktur, wakil direktur, teller
Pembeli sampah : rosok, pengepul

Langkah teknis membentuk kelembagaan Bank Sampah 8M yaitu :
Melakukan sosialisasi bank sampah 
Membentuk pengelolaan bank sampah
Melatih pengelola bank sampah
Menyiapkan kelengkapan bank sampah
Mencari pembeli sampah 
Mempromosikan berdirinya bank sampah
Melakukan pelayanan tabungan sampah-sampah 
Melakukan monev (monitoring dan evalusai)

Cara menabung sampah :
Secara individual (penabung datang ke bank sampah)
Secara komunal (petugas bank sampah mendatangi TPS tiap RT)

Manfaat Bank Sampah di Aspek Lingkungan
Berkurangnya jumlah sampah yang harus dibuang ke TPA
Membantu mengurangi pencemaran udara akibat pembakaran sampah
Membantu menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih

Beberapa contoh hasil daur ulang sampah yang sudah dibuat bapak -bapak dan ibu-ibu Bank sampah :
Hasil kerajinan daur ulang sampah

Sudah mendekati waktunya sholat Jumat, para laki-laki melaksanakan sholat Jumat yang perempuan masih diruangan mendengarkan Ibu Martha Simanjuntak memberi informasi. Tapi sudah pada tau belum teryata Ibu Martha Simanjutak ini dari IWITA (Indonesian Women IT Awareness). Kenapa IWITA kebanyakan perempuan!! Kenapa perempuan harus bisa mandiri ? Perempuan itu dimulai dari rumah ada suami dan anak , apalagi di zaman yang sudah serba ada teknologi. Sebagai perempuan kita juga harus mengerti tentang teknologi, jangan mau kalah sama anak kita, hehee.. IWITA itu juga bisa laki-laki dan perempuan juga kok. IWITA bermitra hampir sudah 10 tahun di KPPPA kebanyakan program-program kami dengan pemerintah juga dengan swasta. IWITA bisa seperti ini karena Internet dari sosial media facebook yang folowersnya banyak jadi dipanggil sama Kementrian Koperasi pertama kali dikasih program yang banyak.

Membuat kelompok di sesi bagaimana menciptakan strategi brand

Komponen penting menciptakan strategi branding yang komprehensif itu seperti apa, ibu-ibu bank sampah sudah menyelesaikan masalah disini, mengurangi sampah dengan membuatnya menjadi kerajinan. Kira-kira bisa bersaing engga yaah, disini kita harus tau apa yang diprepsesi orang tentang produk kita. Pentingnya memikirkan proses packaging produk yang bagus, brand untuk produknya, bagaimana cara mendapatkan hasil foto yang bagus untuk di jual di sosial media. Sosial media merupakan suatu bentuk promosi melalui dunia digital. Sosmed menawarkan banyak fitur-fitur menarik dan bahkan dapat menjangkau lebih banyak wilayah.

Tips kurangi sampah
Bawa tas sendiri berbelanja guna mengurangi penggunaan plastik
  • Pilihlah produk-produk berukuran besar dan dapat diisi ulang, lebih ekonomis dan mengurangi sampah kemasan
  • Hindari penggunaan produk dalam kemasan sachet


Jangan bakar sampah
Membakar sampah justru melepaskan karbon dioksida (C0²) dan zat-zat yang berbahaya (dioksin) yang menyebabkan kanker dan gangguan saluran pernapasan
Sampah rumah tangga yang dibakar akan menimbulkan polusi yang cukup bearti bagi lingkungan sekitar




Komentar

  1. Sampai saat ini baru bisa mengurangi plastik dengan membawa tas khusus kalau ke pasar atau bepergian dan bawa botol minum sendiri.

    BalasHapus
  2. Bakar sampah memang bukan solusi tepat, pernapasan jadi terganggu, begitupun dengan efek setelahnya yaitu abu nya malah bisa berterbangan kemana-mana

    BalasHapus
  3. Saya selalu suka konsep bank sampah ini,menakjubkan bagaimana awalnya sampah malah jadi punya nilai tambah

    BalasHapus
  4. seandainya dideket rumah ada bank sampah juga, duh gimana ya caranya? penasaran juga sih jadinya

    BalasHapus
  5. Suka demgan hasil kerajinan daur ulang sampah nya. Warna warni...

    BalasHapus
  6. Wah, baru tahu nih dengan raplace dan replant ini. Yang lainnya udah mulai dicoba. Nyoba replace dan replant aaaah....

    BalasHapus
  7. dirumah saya pun berusaha untuk memisahkan yang organik dan non organik, jadi tidak menghasilkan banyak sampah rumah tangga, yang organik bisa jadi pupuk

    BalasHapus
  8. Sampah kalau dikelola dgn baik akan bermanfaat..Misal,sampah plastik bisa didaur ulang menjadi tas,domp3,dll..Sampah organik seperti dedaunan bisa diolah menjadi kompos..

    BalasHapus
  9. Hasilnya cantik-cantik ya mba, bisa dijual pula 😀 semoga banyak masyarakat yg mengikuti aksi daur ulang sampah seperti ini

    BalasHapus
  10. Salut sama mereka yang bisa membuat sesuatu yang kreatif dari daur ulang sampah. Semoga makin banyak yang seperti ini :)

    BalasHapus

Posting Komentar